Bagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Daerah Kab. Sigi Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2011 tentang Organisasi Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sigi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Sigi Nomor 24 tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2011 tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat Daerah  dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sigi mempunyai tugas

  1. melaksanakan koordinasi, telaah hukum, harmonisasi peraturan perundang-undangan dalam rangka perumusan penyusunan peraturan daerah, peraturan bupati dan keputusan bupati serta produk hukum lainnya;
  2. memberikan bantuan hukum kepada pemerintah daerah dan koordinasi perlindungan hak asasi manusia;
  3. melakukan koordinasi pelaksanaan, pengawasan jaringan dokumentasi dan informasi hukum serta sosialisasi, publikasi dan kodefikasi produk hukum;
  4. melakukan koordinasi pelaksanaan publikasi dan sosialisasi serta mendokumentasikan/kodefikasi produk hukum;
  5. merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan kegiatan dibidang kelembagaan, analisa jabatan, ketatalaksanaan dan kepegawaian.

Untuk melaksanakan tugas tersebut Bagian Hukum dan Organisasi membawahi 4 (empat) sub Bagian yaitu sebagai Berikut:

  1. Sub Bagian Perundang-Undangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum;
  2. Sub Bagian Bantuan Hukum dan HAM
  3. Sub Bagian Kelembagaan dan Analisa Jabatan;
  4. Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Kepegawaian.